Tugas 3 Rekayasa Kebutuhan Kelas B - Input dan Output Requirement Engineering Process

 

PROTOTIPE SISTEM E-LEARNING DENGAN PENDEKATAN ELISITASI DAN FRAMEWORK CODEIGNITER: STUDI KASUS SMP YAMAD BEKASI



Pada kali ini, saya :

1. Richard Asmarakandi - 05111940000017

Akan menganalisa mengenai Input dan Output pada sistem dengan studi kasus "Prototipe Sistem E-Learning dengan Pendekatan Elisitasi dan Framework CodeIgniter". Berikut ini hasil analisa yang saya dapatkan :

  1. Poin Input


Existing System Information

SMP Yamad Bekasi sebelumnya masih mengadakan pembelajaran secara tatap muka tanpa adanya pemanfaatan teknologi yang seiring berjalannya waktu terus berkembang. Ditambah dengan perlunya konsep pembelajaran yang dapat dikembangkan menjadi lebih efektif, maka dalam studi kasus ini, kebutuhan konsep pembelajaran yang efektif dan interaktif berbasis teknologi informasi dan komunikasi dapat diatasi dengan penggunaan E-Learning berbasis web sehingga siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu. 


Sistem E-Learning ini memiliki berbagai fitur, diantaranya dapat dilakukan spesifik oleh guru, siswa, guru dan siswa, maupun setiap pengguna sistem. Untuk guru sendiri dapat memasukkan materi, ujian, forum ke dalam sistem ini, sehingga metode pembelajaran dapat dilakukan secara efektif melalui sistem yang dapat dibuat. Begitu juga dengan siswa dapat megunduh materi, melakukan ujian, berdiskusi melalui forum, dan belajar melalui sistem ini. Sistem ini juga menyediakan informasi mengenai sekolah dan guru SMP Yamad Bekasi


Stakeholder Needs

Dalam studi kasus ini, melibatkan berbagai macam pengguna, dan setiap pengguna membutuhkan fitur sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Kebutuhan tersebut adalah :

Guru :

  1. Dapat membuat akun sendiri.

  2. Dapat mengupload materi.

  3. Dapat mengupload tugas.

  4. Dapat mengupload soal ujian.

  5. Dapat menginput nilai dan menampilkannya secara online.

  6. Dapat membuat forum diskusi sesuai dengan mata pelajaran.

Siswa :

  1. Dapat membuat akun sendiri.

  2. Dapat mengupload jawaban tugas.

  3. Dapat mengikuti ujian online.

  4. Dapat melihat nilai secara online.

Administrator :

  1. Memverifikasi akun guru dan siswa, memasukkan informasi sekolah dan guru.


Organizational Standard

Dalam mengembangkan sistem dalam studi kasus ini, terdapat standar yang digunakan, diantaranya sebagai berikut :

Standard Pengembangan

  1. Menggunakan metode pengembangan waterfall.

  2. Menganalisa kebutuhan menggunakan metode elisitasi.

  3. Menggunakan framework CodeIgniter.

Standard Pengujian Kualitas

  1. Uji kualitas menggunakan ISO 9126 dengan mengidentifikasi atribut-atribut kunci kualitas untuk perangkat lunak komputer.


Regulations

Demi menjaga kemanan sebuah sistem yang akan dibuat pada studi kasus ini, terdapat batasan-batasan yang diterapkan, yaitu :

  1. Kegiatan pembelajaran hanya bisa dilakukan oleh akun Guru dan akun Siswa.

  2. Sistem dapat mengatur, menampilkan nilai yang hanya bisa dilihat oleh siswa yang bersangkutan atau dilihat secara publik.


Domain Information

Sistem yang dibuat berupa perangkat lunak yang diaplikasikan melalui website.


  1. Poin Output


Agreed Requirements

Pada proses analisa kebutuhan, menghasilkan sebuah persyaratan sistem yang kemudian dipaparkan pada stakeholder dan akan disepakati. Persyaratan sistem tersebut diantaranya :

  1. Setiap Guru memiliki akun sendiri

  2. Guru dapat mengupload materi

  3. Guru memberikan tugas online

  4. Guru memberikan Soal ujian online

  5. Guru menampilkan nilai secara online

  6. Guru memiliki forum diskusi untuk murid berdasarkan mata pelajaran

  7. Setiap siswa dapat mendaftar dan memiliki akun sendiri

  8. Siswa dapat mendownload materi

  9. Siswa dapat mengupload tugas

  10. Siswa dapat mengikuti ujian online

  11. Siswa dapat melihat nilai secara online

  12. Sistem dapat menampilkan kegiatan sekolah

  13. Sistem dapat menampilkan kalender kegiatan (Calender event)

  14. Sistem dilengkapi dengan media berita / majalah dinding siswa

  15. Sistem dapat menampilkan informasi profil sekolah dan guru


System Specification

Dari spesifikasi sistem, terdapat kebutuhan fungsional yang dihasilkan pada kasus tertentu, yaitu :

  1. Akun yang dibuat dikategorikan sebagai siswa atau guru

  2. Materi yang diupload dapat berupa video, dokumen ataupun foto

  3. Tugas dan ujian online dapat berupa file soal yang diupload, ataupun online exercise (platform untuk mengerjakan soal yang diberikan secara langsung pada website dengan batas waktu tertentu)

  4. Nilai dapat ditampilkan spesifik untuk siswa tertentu, publik, ataupun tidak ditampilkan

  5. Forum dapat diisi oleh siswa yang bersangkutan sesuai dengan mata pelajaran

  6. Administrator dapat mengisi kegiatan sekolah, kalender kegiatan, majalah dinding, media berita, profil sekolah dan guru pada sistem yang dapat dilihat oleh pengguna umum sistem.


System Models

Setelah menentukan kebutuhan sistem, diputuskan untuk membuat sistem dengan arsitektur perangkat lunak MVC, yang pada setiap halaman memiliki file dengan Model, View dan Controller yang berbeda. Berikut model yang telah dirancang :

  1. Halaman Utama

  1. Halaman Upload Materi dan Tugas



Comments

Popular posts from this blog

Tugas 2 Rekayasa Kebutuhan Kelas B - Studi Kasus Proses Requirement Engineering

EAS Rekayasa Kebutuhan Kelas B

Tugas 6 Rekayasa Kebutuhan Kelas B - Membuat Bussiness Requirement Document Studi Kasus AirBNB