Tugas 2 Rekayasa Kebutuhan Kelas B - Studi Kasus Proses Requirement Engineering

PROTOTIPE SISTEM E-LEARNING DENGAN PENDEKATAN ELISITASI DAN FRAMEWORK CODEIGNITER: STUDI KASUS SMP YAMAD BEKAS

   
            
Pada kali ini, kelompok kami yang beranggotakan :

1. Richard Asmarakandi     - 05111940000017
2. Yusril Zubaydi                - 05111940000160

Akan menganalisa mengenai proses dalam Rekayasa Kebutuhan, yaitu Elicitating, Understanding, Specifying dan Validating pada studi kasus 'Prototipe Sistem E-Learning dengan Pendekatan Elisitasi dan Framework CodeIgniter". Berikut ini informasi dari masing-masing proses yang telah kami dapatkan :

1. Elicitating

  1. Setiap Guru dan siswa memiliki akun sendiri

  2. Guru dapat mengupload materi

  3. Guru memberikan tugas online

  4. Guru memberikan soal ujian online

  5. Guru menampilkan nilai secara online

  6. Guru memiliki forum diskusi untuk murid berdasarkan mata pelajaran

  7. Siswa dapat mendownload materi

  8. Siswa dapat mengupload tugas

  9. Siswa dapat mengikuti ujian online

  10. Siswa dapat melihat nilai secara online

  11. Sistem dapat menampilkan kegiatan sekolah

  12. Sistem dapat menampilkan kalender kegiatan (Calender Event)

  13. Sistem dilengkapi dengan media berita / majalah dinding siswa

  14. Sistem dapat menampilkan informasi profil sekolah dan guru

2. Understanding

  1. Mendaftarkan akun sebagai guru atau mahasiswa dengan akses yang berbeda untuk kedua akun

  2. Menyediakan opsi pada akun guru untuk mengunggah materi yang bisa diakses oleh siswa, dan opsi pada akun siswa untuk mengunduh materi yang diberikan oleh guru

  3. Menyediakan opsi pada akun guru untuk mengunggah soal tugas dan soal ujian, serta mengunduh jawaban tugas dan ujian yang diunggah oleh siswa.

  4. Menyediakan platform untuk melakukan ujian online, bagi akun guru diberikan akses untuk mengunggah soal dan bagi akun siswa diberikan akses untuk melaksanakan ujian dan diberikan akses untuk menjawab pertanyaan..

  5. Menyediakan opsi pada akun siswa untuk mengunduh soal tugas dan soal ujian dari guru, serta mengunggah jawaban tugas dan ujian.

  6. Menyediakan opsi pada akun guru untuk memberikan nilai pada jawaban tugas dan ujian yang diunggah oleh siswa, dan opsi pada siswa untuk melihat nilai tugas dan ujian yang telah mereka unggah

  7. Menyediakan sebuah platform untuk berdiskusi, antara guru dan siswa

  8. Menyediakan sebuah platform sebagai sistem informasi untuk kegiatan sekolah, kalender sekolah, majalah dinding, dan profil sekolah.

3. Specifying

  1. Server yang memadai, yang bisa diakses paling tidak ¾ dari total aktor yang ada secara bersama-sama

  2. Jaringan internet yang cepat dan memadai agar server tidak mati

  3. Akun siswa hanya bisa mengakses apa yang seharusnya hanya siswa yang akses

  4. Akun guru hanya bisa mengakses apa yang seharusnya hanya guru yang akses

  5. Aplikasi bisa menyimpan data secara cloud

  6. Aplikasi bisa melakukan filter terhadap kelas yang diikuti oleh satu siswa

  7. Aplikasi bisa melakukan filter terhadap kelas yang diajar oleh satu guru

  8. Aplikasi bisa menampilkan informasi sekolah dan guru

4. Validating

  1. Tahap Satu : Validasi perancangan aplikasi yang akan didiskusikan bersama stakeholder apabila masih ada yang perlu direvisi

  2. Tahap Dua : Integration Testing dan Unit Testing

  3. Tahap Tiga : Melakukan Deployment pada server

  4. Tahap Empat : Maintenance agar sistem tetap bejalan dengan baik

5. Output

  1. Aplikasi E-Learning yang menyediakan fitur untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar secara online

  2. Sistem Informasi yang menyediakan informasi mengenai sekolah

Comments

Popular posts from this blog

EAS Rekayasa Kebutuhan Kelas B

Tugas 6 Rekayasa Kebutuhan Kelas B - Membuat Bussiness Requirement Document Studi Kasus AirBNB